Sunday, February 26, 2012

Melongok Dapur Serial Televisi AS


Melongok Dapur Serial Televisi AS

JAKARTA,KOMPAS.com -- Industri serial televisi Amerika Serikat kian marak. Berbagai serial mulai dari drama aksi hingga komedi banyak diproduksi. Bintang top yang sebelumnya "alergi" membintangi serial TV kini justru bermain di serial layar kaca.

The Firm, film laris tahun 1993 yang dibintangi Tom Cruise itu, misalnya, tahun ini dilanjutkan ceritanya dalam serial TV. Versi serial TV dibintangi Josh Lucas dan Juliette Lewis. Serial populer seperti CSI (Crime Scene Investigation), NCIS (Naval Crime Investigation Service), dan Justified juga terus diproduksi hingga bermusim-musim. Bahkan, CSI dan NCIS dibuatkan franchise-nya, seperti CSI New York, CSI Miami, dan NCIS Los Angeles.

Beberapa waktu lalu, Kompas berkesempatan melihat-lihat produksi serial TV tersebut di Los Angeles. Pengambilan gambar CSI New York (CSI NY) dilakukan di studio CBS di Los Angeles. Untuk pengambilan gambar luar ruang, sejumlah ruas jalan di areal studio disulap mirip jalan-jalan di New York.

Saat rombongan wartawan mendatangi studio CBS, pengambilan gambar tengah berlangsung. Terlihat tokoh Danny dan istrinya, Lindsay, sedang bicara di laboratorium. Adegan yang tampak sederhana itu harus diulang sampai delapan kali! Tampak betul sutradara menginginkan kesempurnaan.

CSI

Jika menonton serial CSI, penonton akan melihat alat-alat canggih yang ada di laboratorium forensik. Laboratorium forensik yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi alat bukti dibuat di sebuah ruangan. Agar tampak seperti laboratorium sungguhan, ditaruhlah banyak komputer, mikroskop, yang sebenarnya hanya pajangan.

Selama musim ini, CBS tengah merampungkan lanjutan CSI New York musim kedelapan yang terdiri atas 18 episode. Ini berarti serial CSI New York telah bertahan selama delapan tahun sejak tayang pertama tahun 2004. Episode-episode awal musim kedelapan sudah mulai ditayangkan di AS, tetapi belum untuk kawasan Asia, termasuk Indonesia yang serialnya disiarkan AXN.

CSI NY merupakan drama kriminal yang terinspirasi dari sukses drama CSI, mengisahkan para penyidik forensik yang menggunakan teknologi tinggi untuk menelusuri barang bukti dan memecahkan kasus di kota New York. Setiap kasus adalah kasus kriminal yang sulit. Penelusuran barang bukti sering kali mengungkapkan hal-hal mengejutkan terkait pelaku dan motifnya.

CSI NY musim kedelapan ini akan memunculkan kembali kenangan akan cinta sejati dari tokoh utama Mac Taylor (Gary Sinise) yang menjadi korban dalam tragedi 9/11. Episode perdana ini menghadirkan pertama kalinya sosok istri Mac, yaitu Claire (Jaime Ray Newman), pada hari kejadian insiden 9/11 tersebut. Selain itu, ada kilas balik pertama kali bertemunya para anggota tim lain seperti Danny (Carmine Giovinazzo) dan Flack (Eddie Cahill). Episode ini sangat personal, menyentuh, dan sengaja dibuat untuk didedikasikan bagi keluarga korban tragedi 9/11.

Ada yang hilang pada beberapa episode CSI NY musim terbaru ini. Rencana Mac untuk berhenti dari CSI NY, yang diceritakan pada akhir musim ketujuh, akhirnya dilaksanakan pada musim kedelapan ini. Mac meninggalkan CSI dan bekerja di lab DNA untuk membantu mengidentifikasi sisa-sisa jasad korban 9/11 yang sampai saat ini belum diketahui.

Karena itulah, saat rombongan wartawan berkunjung, Mac Taylor sudah tidak ada. Namun, kami masih bisa bertemu dengan bintang lain, seperti Carmine Giovinazzo sebagai Danny Messer, Anna Belknap sebagai Lindsay Monroe, Hill Harper sebagai Dr Sheldon Hawkes, dan Eddie Cahill sebagai detektif Don Flack.

Dalam wawancara, Carmine mengatakan, dia tidak pernah bosan bermain di CSI NY. Bahkan, ia berharap serial ini bisa terus dilanjutkan. Anna Belknap yang berperan sebagai seorang penyidik forensik mengatakan, setiap musim, serial CSI New York memiliki tantangan tersendiri. Karena itu, para pemeran selalu dituntut tampil prima dan bekerja keras.

Justified di FX

Kunjungan berlanjut ke Studio FX di Los Angeles untuk melihat pembuatan serial Justified yang dibintangi Timothy Olyphant. Timothy Olyphant pernah bermain di film layar lebar seperti A Perfect Getaway dan Die Hard 4.

Serial yang diproduksi FX Productions dan Sony Pictures Television itu kini telah memasuki musim ketiga. Namun, penayangan oleh jaringan AXN di Indonesia baru memasuki musim kedua.

Serial Justified merupakan cerita tentang seorang Deputi Marsekal Amerika Raylan Givens (Timothy Olyphant) yang digambarkan sebagai pahlawan, suka memakai topi koboi bermerek Stetson dan sepatu bot. Karakternya keras, tetapi bertutur kata halus dan memegang teguh moral. Sebagai seorang penegak hukum, ia membawa senjata api di sabuk pinggangnya, tetapi hanya digunakan bila perlu. Jika diharuskan menembak, Raylan hanya menembak untuk membunuh karena, menurut dia, ya itulah tujuan suatu senjata api.

Saat diwawancara di Studio FX, Timothy mengatakan, bermain untuk serial TV tidak jauh berbeda dengan membintangi film layar lebar. Keduanya tetap membutuhkan keseriusan dan kerja keras. Ke depan, Timothy tetap akan bermain di film layar lebar ataupun layar kaca sepanjang ia menyukai peran dan alur ceritanya.

Penggemar yang penasaran, selamat menunggu tanggal mainnya. (M Fajar Marta)

sumber: http://entertainment.kompas.com/read/2012/02/26/1104014/Melongok.Dapur.Serial.Televisi.AS

No comments:

Post a Comment