Monday, March 19, 2012

Ketua MUI: Konser Lady Gaga Haram

Ketua MUI: Konser Lady Gaga Haram

Dikhawatirkan sang artis utama akan tampil seronok, tidak sesuai kaidah berpakaian agama Islam dan bisa merusak moral pemuda Indonesia, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganjurkan para pemilik tiket konser Lady Gaga untuk mengembalikan tiket dan meminta uang kembali.

"[Konser] ini ditujukan untuk merusak moralitas bangsa," kata Ketua MUI, Cholil Ridwan, Minggu (18/3), mengenai konser Lady Gaga yang rencananya dilangsungkan 3 Juni mendatang, dikutip dari Jakarta Globe.

Sekitar 25 ribu tiket untuk pertunjukan konser Lady Gaga, "Born This Way Ball" dikabarkan terjual dalam waktu 2 jam di hari pertama, Sabtu(10/3) penjualan.

Ditekankan Cholil yang mengaku tak pernah menonton Lady Gaga saat konser, karena sering mengumbar aurat, maka penampilan Lady Gaga haram, terutama karena ia dari budaya Barat.

Berpakaian dan menari dengan menunjukkan gaya seksi adalah hal yang haram, tambah Cholil.

Dengan banyaknya penyanyi luar negeri yang sudah tampil di Indonesia, Cholil mengatakan, ini saatnya mengakhiri "serangan budaya" semacam ini.

Dikhawatirkan Cholil, penampilan para artis ini mendorong pemuda Muslim Indonesia untuk melakukan hal-hal yang dilakukan idolanya, terutama soal pakaian seronok.

Namun, petinggi MUI lainnya, Slamet Effendi Yusuf, mengungkap, apa yang dikatakan Cholil mengenai konser Lady Gaga adalah opini pribadi.

Menurut Slamet, organisasi tersebut belum mengeluarkan fatwa haram mengenai hal tersebut. Ditambahkan Slamet, untuk mengeluarkan fatwa, butuh kesepakatan dari semua petinggi MUI.

Slamet, secara pribadi, tidak mempermasalahkan pemuda Muslim untuk menyaksikan konser Lady Gaga. Dalam pandangannya, pemuda Muslim Indonesia mampu membedakan mana yang baik dan buruk.

Slamet juga mengutarakan harapan agar Lady Gaga mengenakan pakaian yang sopan.

Sementara itu, Imam Masjid Istiqlal Ali Mustafa Yaqub mengatakan, Lady Gaga secara pribadi tidak haram, namun menyaksikan perempuan dengan pakaian minim adalah hal yang haram.

Menurut Ali, dalam hukum Islam, perempuan hanya boleh tampil tanpa busana di hadapan suaminya.

'Konser Lady Gaga Haram?' Keriuhan dari Jagat Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, Berawal dari pernyataan seorang ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), topik 'Konser Lady Gaga Haram' jadi trending topic di jagat Twitter.

Salah satu ketua MUI disebut-sebut mengatakan bahwa konser Lady Gaga haram karena busana yang terlalu seksi, mengumbar aurat, dan dianggapnya bisa merusak moral bangsa.
Tak ayal, kabar itu menyulut berbagai reaksi masyarakat pengguna Twitter.

Sejumlah tokoh pun turut berkomentar. Seperti Ulil Abshar Abdalla yang berkomentar ringan lewat akun @ulil: ''Nonton konser Lady Gaga haram kalau ndak punya tiket. Supaya halal, beli tiket dulu. Tapi, masih ada ngga sih tiketnya?''

Atau, Tifatul Sembiring lewat akun @tifsembiring yang menjawab pertanyaan seorang pengguna Twitter. Tifatul tampaknya lebih suka berkomentar dengan berpantun: ''Lady gaga jualan duku, gak olah raga badanpun kaku.''

Namun, berbagai kritik pedas berseliweran di jagat dunia maya ini. Seperti akun @bramadr yang menyebutkan, ''Konser Lady Gaga Haram by MUI. Bersiap akan berita nyeleneh lainnya juga deh. Pengalihan berita buat harga BBM yang mau naik. :|''

Sedangkan akun @AnasChairil bersuara keras: ''Nonton konser lady gaga haram?? bagaimana dg nonton film horor indonesia & nonton penampilan artis dangdut indonesia ?? :) haramkah?'' Ada pula yang menanyakan, bagaimana dengan konser artis sebelumnya seperti Katy Perry yang tak kalah atraktif namun tak mengundang reaksi apa pun.

Ketua MUI Haramkan Konser Lady Gaga?
 
Beberapa bulan terakhir, Indonesia kerap sekali diadakan sejumlah konser penyanyi dari berbagai mancanegara, seperti Jessy J, Evanesence, Lady Gaga, Katy Perry dan masih banyak lagi.

Yang masih dinanti-nantikan adalah konser Lady Gaga yang akan digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan pada 30 Juni 2012 yang akan datang.

Seperti yang kita ketahui bahwa Lady Gaga memang terkenal dengan penampilannya yang aneh, nyentrik, dan seksi ditambah suara emasnya, tak heran banyak sekali penggemarnya termasuk di Indonesia.

Namun menurut Khalil Ridwan, selaku Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, konser yang menampilkan atraksi mengumbar aurat dan merangsang syahwat lawan jenis, tidak patut ditonton umat muslim, sehingga haram hukumnya. Termasuk konser Lady Gaga.

“Alasannya normatif, yaitu mengumbar aurat dan gerakan yang merangsang lawan jenis, ” ungkap Khalil seperti yang dilansir di halaman detik.

Memang Lady gaga kerap mendapat tanggapan miring dari berbagai pihak terutama dalam hal berpakaian dan aksi ‘brutal’ nya terutama ketika konser.

Terlepas dari semua itu, tiket konser Lady Gaga yang dipromotori oleh Big Daddy sudah habis terjual sebanyak 40 ribu tiket.

Gimana, masih tetap ingin nonton konser Lady Gaga?

sumber: http://sidomi.com/77187/ketua-mui-haramkan-konser-lady-gaga/

Promotor Stop Penjualan Tiket

Wow, 44 Ribu Tiket Konser Lady Gaga Ludes!

JAKARTA - Di tengah hangatnya pembicaraan konser Lady Gaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, tiket konser yang disediakan promotor Big Daddy sebanyak 44 ribu sudah habis terjual.

Terakhir, promotor sempat menjual 4.000 tiket sisa. Dan itu menjadi tiket terakhir menjelang pertunjukan akbar si ‘Mother Monster’.

“Jadi ada tambahan 4.000 tiket yang awalnya untuk dijual melalui sponsor. Tapi karena permintaan yang banyak, akhirnya pihak sponsor memberikan jatah tiketnya untuk dijual. Tapi sudah habis jadinya 44 ribu tiket,” kata Michael Rusli, President Director Big Daddy Live Concert kepada okezone di Jakarta, Senin (19/3/2012).

Michael menjelaskan, seluruh tiket yang mencapai 44 ribu telah habis terjual hanya dalam kurun waktu satu pekan.

“Kurang lebih satu minggu kami jual 44 ribu tiket itu. Kalau memang Lady Gaga penampilannya bermasalah, enggak mungkin kan saya bisa jual tiket sebanyak itu, hehehe..,” katanya.

Salah satu tokoh Majelis Ulama Islam, Khalil Ridwan, sempat melontarkan pertunjukan Gaga di Jakarta haram hukumnya. Memang, aksi Gaga terkenal dengan kostumnya yang glamor dan terbuka.

Michael mencoba meredam pro kontra seputar pelantun Bad Romance itu. Pihak promoter memastikan, Gaga pribadi pintar yang bisa beradaptasi di lingkungan mayoritas muslim, sehingga tidak akan tampil buka-bukaan. (tre)
Berita Terkait : Lady Gaga
Lady Gaga Gak Akan Buka-bukaan Saat Konser di Jakarta
Fans Sempat Khawatir Konser Lady Gaga Dibatalkan
Dikecam, Promotor Ajak Dialog Soal Konser Lady Gaga
Dinilai Haram, Konser Lady Gaga Jalan Terus
"Lady Gaga Boikot Media sebagai Sensasi"
Lady Gaga Boikot Media, Konser di Indonesia Tanpa Jumpa Pers?
Kelas Golden Circle Lady Gaga Tersisa 286 Tiket
Lady Gaga Beri Kejutan Baru Tampil di Jakarta
Lady Gaga: Jakarta Benar-Benar Gila!

sumber: http://music.okezone.com/read/2012/03/19/386/595950/wow-44-ribu-tiket-konser-lady-gaga-ludes

Ratusan Orang Menginap Demi Tiket Lady Gaga

TEMPO.CO, Jakarta - Ratusan orang rela menginap demi antre membeli tiket konser Lady Gaga, Sabtu, 10 Maret 2012. "Dari semalam sudah ada ratusan yang nginep di sini. Rame banget," kata Daus, 32 tahun, salah seorang pembeli tiket.

Umumnya mereka yang menginap menghabiskan waktu sepanjang pagi di tempat parkir fX, tempat antrean. Daus menjelaskan ia sudah berada dari pukul 22.00 kemarin di mal fX, tempat tiket dijual. "Lumayan capek, tapi senang banyak temen ngobrol," katanya.

Daus mengatakan kedatangannya ke fX bukanlah karena kesukaannya terhadap pelantun Born This Way ini. "Ngantriin orang," katanya sambil tertawa.

Ketika ditanya berapa penghasilan yang diterima, pria yang tinggal di kawasan Bekasi Barat ini kembali tertawa dengan sedikit melemparkan guyonan. "Lumayanlah, cukup buat makan," katanya enggan menyebutkan nominal.

Sehari-hari ia mengaku berprofesi sebagai sopir. Majikannya inilah yang memintanya untuk mengantre tiket Lady Gaga.

Penantian Daus ternyata berbuah hasil. Sekitar pukul 10.05, ia berhasil mendapatkan empat tiket yang dipesannya. "Dua tiket tribun dan dua tiket reserved tribune untuk wanita," katanya. Tiket ini dibeli dengan harga masing-masing Rp 450 ribu dan Rp 1,25 juta.

Lady Gaga siap menggebrak Jakarta, 3 Juni 2012. Dalam rangkaian tur dunianya, Lady Gaga akan manggung di beberapa negara, seperti Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, Singapura, Indonesia, Selandia Baru, dan Australia. Tur konser ini akan dimulai 27 April hingga 8 Juli mendatang. Indonesia merupakan negara penutup rangkaian turnya.

Konser bertajuk The Born This Way Ball ini akan menghadirkan kastil sebagai panggung. Pada konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Lady Gaga akan membawakan 26 lagu yang telah menjadi hit di seluruh dunia.

sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/03/10/112389273/Ratusan-Orang-Menginap-Demi-Tiket-Lady-Gaga

No comments:

Post a Comment